Langsung ke konten utama

Tata Surya

   Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata surya adalah kumpulan dari matahari, planet, dan benda langit lainnya. Tata surya juga bisa dikatakan sebagai tempat di mana planet-planet dan benda langit berada sambil terus mengelilingi matahari. Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. 
Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

A. Planet-planet

Planet adalah benda langit yang mengorbit pada sebuah bintang sehingga memiliki gravitasi sendiri. Bintang yang dimaksud adalah matahari dan orbitnya berbentuk elips.
Berdasarkan letak garis edarnya planet dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Planet dalam adalah planet-planet yang berada di dalam sabuk asteroid (letaknya antara orbit Mars dan Jupiter), yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
2. Planet luar tata surya adalah planet-planet yang berada di luar sabuk asteroid, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Macam-macam planet:
1. Merkurius

2. Venus

3. Bumi
4. Mars

5. Jupiter

6. Saturnus

7. Uranus

8. Neptunus


BENDA-BENDA LANGIT LAINNYA

Dalam susunan tata surya kita, selain planet-planet, ada benda-benda langit lainnya, yaitu asteroid, komet, meteoroid,dan satelit.

1. Asteroid  
Antara planet Mars dan Yupiter terdapat benda-bendalangit kecil menyerupai planet yang bergerak mengelilingi matahari. Benda-benda itudisebut asteroid. Asteroid juga dikenal dengan nama planetoid atau planet minor. Asteroid terbesar adalah Ceres, yang diameternya mencapai 750 km. Kala revolusi asteroid-asteroid berkisar dari empat sampai enam tahun.

Sampai saat ini telah dikenal sekitar 5.500 buah asteroid. Asteroid yang cukup terkenal antara lain Ceres,Pallas, Juno, Vesta, Trojan, dan Chiron. Asteroid tidakmempunyai angkasa.

2. Komet  
Komet merupakan benda langit yang juga mengedari matahari.Komet terdiri atas butiran-butiran es dan batuan yang membentuk bola besar.

3. Meteoroid
Berjuta-juta meteoroid memasuki atmosfer bumi, dalam setiapharinya. Namun hanya sedikityang sampai ke permukaan bumi. Hal ini dikarenakansebagian besar terbakar habis di atmosfer. Meteoroidyang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit.

Kawah yang terjadi akibat jatuhnya meteorit disebut kawah meteor. Contoh kawahmeteor terdapat di Arizona, Amerika Serikat. Kedalaman kawah ini mencapai 200 meter. Dan diameternya mencapai 1.200 meter.

4. Satelit
Satelit adalah benda langit pengiring planet. Satelit berputar mengelilingi planet dalam lintasan tertentu.Lintasan satelit berbentuk lonjong. Satelit ada dua macam, yaitu satelit alam dan satelit buatan.

Komentar